Superhero tahun 2010???
Yang saya ingat adalah tokoh Megamind, yakni tokoh dalam film yang berjudul sama dengan namanya. Film DreamWorks yang disutradarai oleh Tom McGrath ini seperti film kartun anak-anak lainnya: cerita sederhana, lucu dan berisi pesan moral.
Singkat cerita, Megamind bekerja siang malam menciptakan kerusuhan Metro City dengan alat-alat super canggihnya. Apa sih yang membuat Megamind menjadi jahat? Sejak kecil Megamind hidup berdampingan dengan Metro Man. Sama-sama berasal dari planet yang jauh dari bumi, namun nasib membawa jalur hidup yang berbeda bagi keduanya. Saat sampai di bumi Megamind jatuh di depan pintu penjara dan dibesarkan oleh para kriminal, sedangkan Metro Man dibesarkan oleh orangtua yang kaya dan penuh kasih sayang.
Sampai di sini sudah bisa di tebak bahwa Metromind menjadi penjahat dan Metro Man adalah pahlawan Metro City. Pada suatu titik sang pahlawan merasa bosan dengan kehidupannya menjadi pahlawan yang harus siap sedia menumpas kejahatan. Hingga tibalah momen di mana Metro Man dapat merancang kematian palsu atas dirinya dalam suatu pertarungan dengan Mega Mind. Sepeninggal Metro Man si penjahat menjadi kesepian dan tak bersemangat karena tak ada lagi yang mampu menghalangi kejahatannya. Kemudian muncullah ide menciptakan pahlawan baru Metro City yakni Titan. Pahlawan baru ciptaan Megamind sendiri ini ternyata tak seperti harapannya dan tibalah saat hati harus menentukan pilihan hidup menjadi pahlawan atau penjahat selamanya.
Manusia lahir ke dunia dengan membawa kebaikan. Namun begitulah hidup, kadang-kadang lingkungan lebih berperan membentuk kita dan menjauhkan kita dari nilai-nilai kebaikan yang melekat sejak kelahiran kita. Menjadi jujur, welas asih dan bermartabat menjadi barang langka melihat dunia kita bersama saat ini. Seperti halnya Megamind, dibutuhkan kemauan dan keberanian untuk mengubah nasib bahkan untuk menjadi kebalikan dari diri kita sebelumnya.